Senin, 13 Juni 2011

bayi tabung

assalamualaikum wr.wb
selamat sore para pengunjung setia blog kami. hehe
pasti pernah dengarkan istilah bayi tabung? mungkin untuk orang awam bayi tabung adalah bayi yang berkembang didalam tabung alias dilahirkan oleh tabung ajaib. haha tapi secara medis itu bukan lah yang disebut dengan bayi tabung.
lalu apa itu bayi tabung?
Bayi tabung atau pembuahan in vitro (in vitro fertilisation) adalah sebuah teknik pembuahan dimana sel telur (ovum) dibuahi di luar tubuh wanita. Bayi tabung adalah salah satu metode untuk mengatasi masalah kesuburan ketika metode lainnya tidak berhasil. Prosesnya terdiri dari mengendalikan proses ovulasi secara hormonal, pemindahan sel telur dari ovarium dan pembuahan oleh sel sperma dalam sebuah medium cair. In vitro adalah bahasa latin yang berarti dalam gelas/tabung gelas. dan vertilization adalah bahasa Inggrisnya pembuahan.
"bayi tabung" pertama yang dilahirkan adalah Louise Brown asal Inggris pada 1978.

proses bayi tabung

Prosenya mula-mula dengan suatu alat khusus semacam alat untuk laparoskopi dilakukan pengambilan sel telur dari wanita yang baru saja mengalami ovulasi.
Kemudian sel telur yang diambil tadi dibuahi dengan sperma yang sudah dipersiapkan dalam tabung yang suasananya dibuat persis seperti dalam rahim.
Setelah pembuahan hasil konsepsi tsb dipelihara beberapa saat dalam tabung tadi sampai pada suatu saat tertentu akan dicangkokan ke dalam rahim wanita tsb.
Selanjutnya diharapkan embrio itu akan tumbuh sebagaimana layaknya di dalam rahim wanita. Sudah tentu wanita itu akan mengalami kehamilan ,perkembangan selama kehamilan seperti biasa.

sekian informasi mengenai bayi tabung, semoga bermanfaat.
wass.wr.wb

0 komentar:

Posting Komentar

 
Copyright (c) 2010 Dunia Biologi and Powered by Blogger.