Senin, 28 Maret 2011

pengolahan sampah dan manfaat nya

assalamualaikum wr.wb....
selamat pagi blogger
beberapa minggu lalu kami mendapatkan tugas untuk mewawancarai salah satu guru di sekolah untuk memenuhi tugas jurnalistik
seperti kita ketahui bahwa sampah menjadi salah satu masalah kependudukan di Indonesia khusus nya di DKI Jakarta. masalah ini disebabkan tidak lain dan tidak bukan karena padatnya jumlah penduduk dan minim nya kesadaran masyarakat untuk tidak membuang sampah sembarangan. untuk mengetahui lebih lanjut mengenai sampah dan bagaimana penangan nya khusus nya sampah-sampah yang di hasil kan oleh sekolah kami mewawancarai seorang guru biologi sekaligus guru muatan lokal (mulok) dan wakil kepala sekolah bidang kesiswaan. beliau adalah seorang sosok wanita inspiratif yang mengembangkan penemuan biopori dan alat pembuat kompos, beliau adalah Drs.Hj.Teti Suryati Spd. kami mengangkat tema mengenai "Pengolahan sampah di SMA 12"

Dalam hal pengolahan sampah, pihak sekolah sangat mensupport dengan baik. Salah satu nya dengan diadakan nya kurikulum yang masuk ke dalam pembelajaran yaitu mulok lingkungan hidup. Untuk memaksimalkan pengolahan sampah seluruh warga SMA 12 turut serta dalam hal tersebut. Cara pengolahan sampah tersebut adalah mula-mula sampah di sekolah ini di kelompokan menjadi 3 bagian, yaitu sampah organik, sampah anorganik dan sampah B3 oleh pegawai yang bertugas. Lalu setiap minggu sampah dikumpulkan dan dipilah-pilah. Sampah organik nanti nya akan diproses disaung kompos yang dimiliki oleh SMA 12. Sedangkan sampah anorganik akan disediakan dalam keadaan bersih yang nantinya dimanfaatkan oleh pemulung. Dan sampah B3 limbahnya akan langsung dibuang.
Menurut beliau, pengklasifikasian sampah akan sangat efektif jika semua warga nya sadar akan manfaat dari pengelompokan itu. Salah satu manfaat nya adalah jumlah sampah yang akan dibuang semakn sedikit jumlahnya.

sekian postingan kali ini semoga bermanfaat untuk kalian semua. wassalamualaikum. Wr. Wb

0 komentar:

Posting Komentar

 
Copyright (c) 2010 Dunia Biologi and Powered by Blogger.